Kamis, 12 Mei 2011

kriptografi

pasti banyak orang yang udah familiar dengan kata kriptografi ini, tapi kriptografi itu apaan sih??

kriptografi adalah ilmu yang mempelajari untuk menjaga kerahasiaan data. Karena bidang ilmu ini sangat dekat dengan rumus dan algoritma maka ilmu ini termasuk ke dalam bidang ilmu matematika.
Pada zaman dahulu saat terjadi perang, komunikasi sangat penting sekali. Komandan perlu memberikan perintah kepada anak buahnya dan pasukan mendapatkan strategi perang dari atasannya. Semua informasi ini tentu tidak bisa disampaikan begitu saja dengan berbisik dari satu orang ke orang yang lain.
Mengirim pesan melalui radio merupakan teknologi yang  digunakan dan tentu saja merupakan cara yang efektif pada saat itu. Namun, strategi perang tentu tidak boleh diketahui oleh musuh. Apabila musuh dapat mengetahui strategi perang, sudah bisa dipastikan kemenangan akan ada di pihak musuh.
Untuk itulah dibutuhkan sebuah metode untuk mengacaukan informasi yang dikirim melalui udara. Sehingga kalau pun data tersebut bisa diambil, musuh tidak akan membaca pesan yang dikirimkan.karena hal-hal seperti inilah ilmu kriptografi makin popular

data asli yang biasa di sebut "plaintext" akan di ubah menjadi kode-kode yang biasa di sebut "chipertext"
proses perubahan plaintext menjadi chipertext disebut enskripsi sedangkan proses sebaliknya di sebut deskripsi
kriptografi

kurang lebih seperti di ataslah bagan untuk Kriptografi ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar